Anggota DPD RI Ajiep Padindang Apresiasi OpenSID Desa Bana

Apresiasi: Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD ) RI , Dr.H.Ajiep Padindang, MM, sampaikan apresiasinya untuk Desa Bana yang telah memanfaatkan Sistem Informasi Desa OpenSID dan memiliki Anjungan Desa Mandiri (ADM) bagi masyarakatnya, saat berkunjung ke Desa Bana, Rabu(13/07/2022) lalu.

OpenDesa–Tidak diragukan lagi desa yang konsisten memanfaatkan teknologi informasi Sistem Informasi Desa (SID), mampu bergerak lebih maju. Buktinya Desa Bana, Kecamatan Bontocani, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan. Betapa tidak, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD ) RI , Dr.H.Ajiep Padindang, MM, sampaikan apresiasinya saat berkunjung langsung ke Desa Bana, Rabu(13/07/2022) lalu.

Ajiep Padindang, mengamati penggunaan Anjungan Layanan Mandiri dari aplikasi OpenSID pada saat kunjungan kerja di kantor Desa Bana. Anggota DPD RI dari daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Sulawesi Selatan ini, sangat mengapresiasi aplikasi Sistem Informasi Desa Terbuka (OpenSID) Desa Bana.

Aplikasi yang terus dikembangkan dan disempurnakan para penggiat Perkumpulan Desa Digital Terbuka (OpenDesa) ini, mampu memberikan kemudahan dan percepatan pembangunan desa dan masyarakatnya.

“Kita sangat mengapresiasi penggunaan website di Desa Bana, terutama penggunaan layanan mandiri. Karena baru Desa Bana yang menggunakan di Kabupaten Bone. Padahal secara geografis berada di pedesaan dan terpencil. Namun mampu bergerak lebih maju mengikuti perkembangan teknologi informasi untuk kemudahan pelayanan di desa,”ucap Ajiep Padindang seperti dituturkan Kepala Desa Bana, Ishak kepada OpenDesa, Senin(18/7).

Segudang prestasi Desa Bana bersama Ishak, patut menjadi motivasi bagi desa lainnya untuk pemanfaatan dan keterbukaan informasi. Sehingga mampu memudahkan kinerja aparatur dan pelayanan optimal bagi masyarakatnya.

“Bagi kami, sebagai Kepala Desa Bana, pemerintah desa wajib mengikuti perkembangan zaman utamanya perkembangan teknologi. Salah satunya dengan memiliki website desa.
Sebab dengan penerapan website pemerintah desa memungkinkan adanya transparansi , percepatan informasi dan layanan publik dan kemudahan akses layanan masyarakat,”ucap Kades Bana, Ishak.

Ditambahkan Kades Bana, salah satu aplikasi yang mampu menjawab setiap kebutuhan tersebut, adalah OpenSID,”Karena mudah dioperasikan, biaya terjangkau dan tiap bulan di update sesuai kebutuhan desa,”tegas Ishak.(*)