Terus Bergerak, Pegiat OpenDesa Bimbing Operator SID Komsel 

Bimtek : Penggiat OpenDesa, ForSID Luwu, Sulawesi Selatan, Aziz Aripudin berikan bimbingan teknis untuk Operator dan Sekdes Komba Selatan guna pemanfaatan OpenSID.

OpenDesa–Terus tularkan kebaikan bergerak menuju desa digital cerdas, penggiat Perkumpulan Desa Digital Terbuka (OpenDesa) dari ForSID Luwu, Aziz Aripudin, bimbing Operator Sistem Informasi Desa (SID), Desa Komba Selatan (Komsel) Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan, beberapa hari lalu. 

“Kita latih Tiga orang yang akan menggerakkan SID Komba Selatan pada agenda Pelatihan Sistem Informasi dan Pelayanan Digital OpenSID bagi Operator Desa. Kita berikan pelatihan untuk Sekretaris Desa Komba Selatan dan Dua orang Operator Administrasi dan Pelayanan Desa,”ucap Pegiat OpenDesa ForSID Luwu, Aziz Aripudin yang juga CEO A24BC ini. 

Mitra pendamping Desa Digital Pemerintah Desa Komba Selatan sejak tahun 2020 ini menjelaskan, Kepala Desa Komba Selatan H. Nasir K, BA yang sempat mengikuti kegiatan ini sangat terkesan dengan sistem digital OpenSID ini karena dapat memudahkan pelayanan kepada warga desa. 

“Kemudahan layanan pembuatan surat menyurat, database warga, potensi desa, pengaduan qtqu keluhan secara online, laporan Stunting Desa maupun sistem database Pajak Bumi Bangunan (PBB) Desa dan lainnya,”tambah Aziz.  

Selain itu Kepala Desa Komba Selatan juga berharap dengan hadirnya SID dapat menunjang sistem pelayanan di kantor Desa Komba Selatan menjadi lebih baik dan akses keterbukaan informasi publik kepada warga desa dan dunia luar berjalan dengan baik dan sesuai harapan bersama untuk menjadikan Desa Komba Selatan sebagai salah satu Desa Cerdas di Kabupaten Luwu.

Aziz Aripuddin yang hubungi OpenDesa mengatakan, OpenSID ini sudah dipakai ribuan Desa di seluruh Indonesia dan kami terus meningkatkan fitur dan update setiap bulan kepada para Mitra OpenDesa khususnya Mitra Premium dimana mereka mendapatkan berbagai fasilitas selama berlangganan sistem OpenSID seperti update gratis dan permintaan fitur sesuai kebutuhan desa. 

Selain itu, kata Aziz, melalui OpenSID ini terdapat ruang bagi warga desa untuk memasarkan produk, jasa dan berbagai potensi ekonomi di desa dalam Lapak Desa Online  atau marketplace Desa secara gratis. 

“Kedepan OpenSID akan terus memberikan pelayanan terbaik kepada para Mitra Pemerintah Desa untuk menuju Desa Cerdas Berdata sehingga desa dapat melakukan berbagai aktivitas pelayanan secara Online dan dapat diakses dari mana saja,”jelas Aziz(*)