Binaan Kejaksaan hingga Dikunjungi Ditjen Bina Pemdes, Hesang Kian Oke Bersama OpenSID

Dirjen : Direktur Jenderal Pemdes Kemendagri, Dr.Yusharto Huntoyungo, M.Pd hadir di Kampung Hesang, Kepulauan Sangihe di sela-sela kehadirannya pada perhelatan  Me’Daseng di Kecamatan Tamako, Sabtu(14/5) medio April lalu.

OpenDesa—Kemampuan Kampung Hesang, Kecamatan Tamako, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara menjadi salah satu desa di Nusantara yang mampu mengelola data dan informasi dengan baik menggunakan Sistem Informasi Desa Terbuka (OpenSID). Sehingga menjadi salah satu desa di nusantara yang jadi perhatian Direktorat Jenderal (Ditjen) Kementerian Desa. 

Kampung yang juga jadi desa Binaan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tahuna ini, dikunjungi langsung, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemdes Dr.Yusharto Huntoyungo, M.Pd di sela-sela kehadirannya pada perhelatan  Me’Daseng di Kecamatan Tamako, Sabtu(14/5) medio April lalu. 

Menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat Kampung Hesang, sebab kehadiran Dirjen Bina Pemdes, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Yusharto, juga memberikan apresiasi bagi Kampung Hesang soal visual data dan tata kelola yang ditampilkan kampung Hesang, termasuk ikon Wisata yang belakangan menjadi unggulan Kampung berslogan “Malunsemahe” ini.  

“Ini merupakan semangat dan motivasi bagi kami untuk berbuat lebih baik dari hari ini, apalagi Kampung Hesang termasuk Desa binaan dari Kejari sehingga kami harus bisa lebih baik dalam pengelolaan dana Desa,” ujar Kapitalaung Kampung Hesang, Yeni Teli Mahengkeng seperti di publish di website SID Kampung Hesang. 

Terpisah Sekretaris Desa Kampung Hesang, Petrus Simon saat dihubungi via pesan Telegram menyebutkan, Kampung Hesang merupakan salah satu desa pengguna OpenSID produk aplikasi Perkumpulan Desa Digital Terbuka (OpenDesa).”Kita merupakan pengguna OpenSID,”terang Petrus Simon.(*)