Titian Kuala Wujudkan Desa Masa Depan dengan Anjungan Desa Mandiri
OpenDesa, Kalbar–Bergerak maju untuk optimalisasi pelayanan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi informasi, Desa Titian Kuala pasang Anjungan Desa Mandiri (ADM) di Kantor Desa. Pelayanan administrasi cepat dengan data akurat bisa diakses masyarakat secara mandiri.
Meski berada di pedesaan yang jauh dari pusat ibu kota kabupaten, Desa Titian Kuala, Kecamatan Selimbau, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, menjadi salah satu desa informatif dan inovatif yang bergabung bersama Perkumpulan Desa Digital Terbuka (OpenDesa) sejak tahun 2019 silam.
Berjarak sekitar 158 kilometer dari pusat pemerintahan Kabupaten Kapuas Hulu, Desa Titian Kuala, bertekad memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal menggunakan Sistem Informasi Desa Terbuka (OpenSID). Sehingga sejak tahun 2019 lalu, Desa Titian Kuala, sudah melaju untuk pelayanan maksimal dan kinerja yang handal memanfaatkan teknologi informasi.
Terlihat postingan video salah seorang pegiat OpenDesa melalui akun Facebook milik Soptian Hadi pada Group Pegiat dan Pengguna OpenSId Dua orang tengah menggotong perangkat ADM.”Alhamdulillah Datang dengan selamat. Satu-satunya anjungan layanan mandiri di Provinsi Kalbar. Colek Ai Skematik Rohman Mukomuko Forum Pengguna dan Pegiat OpenSID,”tulis Soptian Hadi, Selasa(11/1).
“Desa Titian Kuala, awal mulanya kita 2019 mengenal OpenSID lewat kawan salah seorang pegiat, ketika selama Tiga hari kami berada di Desa Miau Merah, Kecamatan Silat Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, sambil belajar dan silaturahmi. Sejak saat itu hingga pertengahan tahun 2021 masih menggunakan fitur umum,”terang Soptian Hadi yang merupakan Kepala Desa Titian Kuala, Kamis(13/1/2022) pagi.
Berawal dari situlah, Desa Titian Kuala menjadi pengguna OpenSID umum hingga premium. Motivasi Desa Titian Kuala untuk memajukan desa diwujudkan dengan pemanfaatan teknologi.
“Kita ingin memajukan desa lewat pemanfaatan teknologi dan informasi. Menggunakan OpenSID, karena ingin melakukan tata kelola data desa yang lebih baik dan efisien, ingin melayani warga lebih cepat,”ucap Kades Titian Kuala, Soptian Hadi S.H.I ini.
Merasakan kemudahan dan manfaat penggunaan fitur-fitur OpenSID, Desa Titian Kuala melakukan upgrade aplikasi menggunakan menggunakan OpenSID Premium.
“Biar lebih cepat mendapatkan fitur baru sehingga lebih cepat dimanfaatkan. Selain itu untuk membantu berkontribusi dalam pengembangan OpenSID sehingga dapat dimanfaatkan oleh ribuan desa di indonesia yang masih menggunakan opensid umum,”tambah Kades Titian Kuala.
Saat ini, Desa Titian Kuala sudah memiliki anjungan mandiri untuk optimalisasi pelayanan publik. Sehingga warga dengan mudah bisa cetak surat secara mandiri sesuai kebutuhan administrasi masing-masing.
“Kita menggunakan anjungan sebagai upaya untuk melakukan keterbukaan informasi publik. Sehingga dengan adanya anjungan layanan mandiri, masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi dan mendapatkan pelayanan secara mandiri,”tutup Kades inovatif ini.(*)